Selasa, 12 Juni 2012

MENGATASI BAUT PEMBUANGAN OLI YANG DOL/SLEK


Sedang mengalami masalah dengan lubang pembuangan oli dol / sleek ? Drat oli yang dol/ sleek terjadi karena baut terlalu kuat dikencangkan atau dalam mengencangkan baut dalam posisi miring, namun tetap dipaksa masuk.

Jika anda kuatir harus bongkar mesin padahal dana belum tersedia tidak usah bingung. Pertolongan sementara bisa mengikut cara berikut :
- Pertama-tama, parkir sepeda motor dengan standar dua di tempat yang rata. Kemudian buka baut lubang oli dibagian bawah tampung oli bekas di wadah  
- Selanjutnya siapkan alat kerja berikut :
1.      Wadah/ Baskom untuk oli bekas
2.     Kunci shok ukuran 17 / yang sesuai
3.     Corong 
4.     Sealtape merk TBA – Isolasi yang biasa digunakan untuk pipa air
5.     Oli baru –jika  Oli lama masih oke juga bisa digunakan kembali
6.     Lem Gasket – direkomendasikan merk treebond
7.     Baut yang sudah di ganjal dengan ring alumunium
- Setelah itu bersihkan lubang oli dengan lap kering, selanjutnya pasangkan ganjel metal. Setelah terpasang dengan baik (menempel pada batang baut) segera ikat dengan isolasi TBA. Setelah itu lumuri dengan lem gasket di bibir bawah baut. 
- Tunggu hingga lem sedikit mengering, setelah itu pasangkan baut ke lubang pembuangan oli, kencangkan baut pelahan hingga mentok,namun tidak boleh terlalu kencang,takutnya baut akan dol kembali dan oli tetap merembes
- Setelah itu tuangkan oli baru ke mesin dengan corong. Metode ini terbukti ampuh. Bahkan saya sudah membuktikannya di motor hsx 125 saya sendiri.

Referensi ;
+ http://agustianushermawan.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar