Tips & Triks
Bikin
Motor Melaju Kencang, Cuma Rp 3000!
Metode 'Ground Strap'/
Foto: IstimewaHampir semua pengendara sepeda motor
pasti menginginkan kendaraanya bisa ‘berlari’ kencang. Tapi, bagaimana caranya
membuat kendaraan mampu melaju kencang diatas standar? Asal tahu saja, untuk
membuat sepeda motor bisa dipacu kencang, salah satunya dengan meng- up
grade pengapian. Diantaranya mengganti CDI, koil dan mengganti busi.
Namun, untuk penggantian semua
pengapian tersebut di atas membutuhkan anggaran yang cukup ‘menguras’ kantong.
Nah, bagaimana dengan bikers yang berkantong pas-pasan?
Bagi bikers yang mempunyai
uang pas-pasan, saat ini ada metode murah yang bias diterapkan. Namun, hasilnya
dijamin sangat luar biasa, yaitu dengan metode ground strap.
Menurut Alexander Yudho Adianto, blogger
yang gemar otomotif, ground strap adalah grounding yang dilakukan
pada kabel busi yang berfungsi sebagai booster, sekaligus stabilizer
pengapian. Teknologi ground strap akan menghilangkan kapasitansi kabel
busi dan menyerap frekuensi liar yang tercipta di sekeliling kabel busi.
Kapasitansi dan frekuensi ini
bervariasi, tergantung kabel busi yang dipakai. Biasanya kabel busi yang
"super" seperti protec racing wire akan menghasilkan arus yang
lebih rendah. Sehingga dengan demikian pengaruh ground strap akan lebih
terasa pada kabel busi standar. Ada pun efek yang dihasilkan mirip dengan stabilizer
seperti 9Power.
Kawat kabel dililitkan/
Foto: Istimewa“Untuk hasilnya bagusan mana? Ente
rasain sendiri aja ye, resep ini atau 9Power,” kata Alexander Yudho
Adianto yang berstatus mahasiswa dan karyawan swasta ini.
Adapun koil yang bisa menerapkan
teknologi ini adalah koil Nology dan Protec Ultimate. Setelah
menerapkan teknologi ini maka bisa mengamati sendiri perubahan pada api yang
dihasilkan. Terutama saat ground strap diaplikasikan, api akan langsung
berwarna biru dan fokus.
Untuk bisa menerapkan teknologi ini,
pertama yang harus dilakukan adalah membeli kabel kawat di toko elektronik yang
dijual Rp 3.000 per meter. Setelah itu, kupas kulit pelapisnya sehingga akan
terlihat kawat tembaganya. Kawat tersebut lalu dililitkan di sepanjang kabel
busi.
Agar menghasilkan kerja yang
maksimal, sebisa mungkin kurangi panjang kabel busi dan buat lilitan yang
rapat. Lilitan tidak perlu menutup semua kabel busi, namun pastikan sekitar
70-80% tertutup lilitan. Lebih rapat dan banyak lilitan maka hasilnya semakin
bagus.
Setelah itu, ujung lilitan
disambungkan atau dibaut dengan ground koil. Langkah terakhir, bungkus
lilitan dengan isolasi listrik / kabel bakar. Ujung lilitan jangan lupa
dihubungkan ke massa. Rakit koil ke posisi semula, untuk hasil yang optimal dan
setel karburator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar